Jenis Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Karyawan

Pernahkah merasa bahwa gaji Kamu sebagai seorang karyawan terlalu kecil? Jangankan untuk membeli barang-barang yang Kamu inginkan. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari saja terasa berat. Lalu apa yang mesti Kamu lakukan? Jika diperhatikan, sebenarnya ada banyak peluang usaha sampingan karyawan yang menjanjikan. Bahkan Kamu bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar.

Usaha sampingan karyawan bukanlah sesuatu hal yang dilarang oleh perusahaan. Yang terpenting tidak mengganggu jam kerja. Memang berprofesi menjadi seorang karyawan adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Kamu bisa mendapatkan gaji besar dan jenjang karir yang bagus. Belum lagi mendapat tunjangan, jaminan kesehatan dan fasilitas lain dari perusahaan. Tentu hidup Kamu akan lebih terjamin.

Akan tetapi, mungkin hanya beberapa orang saja yang mendapatkan kesempatan seperti itu. Sisanya lebih banyak berjuang untuk bisa mendapat kenaikan gaji dan mencapai jabatan yang strategis. Tapi tetap saja hanya begitu-begitu saja. Belum lagi ancaman PHK jika pekerjaan Kamu dinilai kurang baik di mata perusahaan.

Oleh sebab itu, Kamu perlu mencari alternatif lain. Salah satunya dengan mencoba memulai usaha sampingan. Jangan khawatir jika Kamu terkendala soal modal. Banyak kok jenis bisnis sampingan yang bisa Kamu mulai dengan modal kecil baik secara offline maupun online. Kamu tetap bisa usaha sambil kerja guna menambah penghasilan Kamu.

Berikut ini jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil yang menjanjikan.

Usaha Sampingan Karyawan Secara Offline

1. Jualan Pulsa dan Token Listrik

Sampai hari ini jualan pulsa adalah salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah mati. Kecuali jika semua handphone dihapuskan dari dunia ini. Sudah banyak orang yang meraup puluhan juta dengan menjalankan bisnis ini.

Jika Kamu tertarik untuk berjualan pulsa, Kamu bisa memulainya hanya dengan modal HP. Carilah agen pulsa terpercaya di kota Kamu agar Kamu bisa berjualan pulsa elektrik. Modal untuk memulainya juga tidak terlalu banyak. Berkisar antara 1 juta sampai 5 juta saja.

Selain pulsa untuk handphone. Kamu juga bisa sekalian jual token listrik karena hampir semua rumah sudah menggunakan pulsa listrik.

Konsumen yang Kamu bidik bisa dimulai dari rekan kerja sekantor, keluarga dan para tetangga. Pasanglah spanduk dirumah agar para tetangga mengetahui bahwa Kamu menjual pulsa.

Jika Kamu rasa prospeknya cukup bagus dan Kamu memiliki modal besar. Perluaslah usaha Kamu dengan membuka gerai/konter pulsa. Kamu bisa menyewa lapak yang letaknya dekat keramaian. Pekerjakanlah satu atau dua karyawan untuk membantu usaha Kamu tersebut.

2. Buka Toko Sembako

usaha sampingan karyawan toko sembako

Usaha sampingan karyawan yang cukup diminati oleh beberapa orang ialah membuka warung sembako. Selain cukup mudah, usaha sembako bisa Kamu mulai dengan modal kecil. Selain itu, Kamu juga bisa membuka toko cukup dirumah. Hitung-hitung agar istri punya kesibukan yang menguntungkan.

Modal yang perlu Kamu persiapkan sekitar 5 juta sampai 10 juta rupiah. Modal tersebut Kamu gunakan untuk membeli barang dagangan dan beberapa perlengkapan pendukung usaha. Untuk langkah awal, Kamu tidak perlu membuat bangunan baru yang tentunya membutuhkan banyak modal.

Sementara gunakan dulu ruang depan atau garasi rumah Kamu. Setelah usaha Kamu cukup maju, barulah bangun toko sendiri di halaman rumah Kamu.

Target konsumen Kamu jelas, yakni para tetangga di seputaran komplek. Tips sukses untuk memulainya tidaklah terlalu sulit. Cukup bersikap ramah dan jalinlah komunikasi yang baik dengan konsumen karena terkadang penyebab toko sembako sepi pembeli adalah karena pelayanan Kamu yang buruk..

3. Jual Makanan untuk Sarapan

Selain toko sembako, bisnis rumahan yang menjanjikan lainnya adalah menjual makanan di pagi hari. Apalagi jika tempat Kamu tinggal kebanyakan orang yang sibuk kerja. Banyak diantara mereka yang tidak sempat membuat sarapan karena kesibukan di pagi hari seperti bersiap ke kantor atau mengurus anak sekolah.

Makanan yang bisa Kamu jual bermacam-macam mulai dari bubur ayam, nasi kuning, lontong sayur, soto ayam, gorengan dan lain-lain. Modal untuk memulai usaha ini tidak terlalu besar. Sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta cukup untuk membeli estalase, beberapa meja dan kursi serta bahan baku masakan.

Jika istri kesulitan membagi waktu untuk memasak dan belanja bahan baku. Kamu bisa membantunya untuk belanja ke pasar. Tulis semua kebutuhan secara lengkap agar tidak ada satu bahan pun yang kurang.

4. Usaha Galon Isi Ulang dan Gas Elpiji

Jika Kamu punya modal yang cukup besar, jualan galon isi ulang dan gas elpiji bisa menjadi pilihan usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Sekarang ini, keduanya sudah menjadi kebutuhan pokok untuk rumah tangga. Jadi, jika berminat jangan Kamu merasa ragu untuk memilih usaha ini.

Perkiraan modal yang diperlukan memang cukup besar. Membuka usaha depot isi ulang membutuhkan modal awal 34 juta rupiah yang dipergunakan untuk menyewa tempat, membeli peralatan, galon kosong, gaji karyawan dan operasional lainnya.

Modal tersebut memang cukup besar. Namun jika dalam sehari Kamu bisa menjual 100 buah dengan harga Rp. 5.000. Maka dalam sehari Kamu bisa meraup 500 ribu rupiah. Selama satu bulan pendapatan kotor yang didapat sebesar Rp 15 juta.

Setelah dipotong untuk biaya operasional maka pendapatan bersih mencapai Rp 10 juta. Dalam waktu 4 bulan Kamu sudah bisa balik modal.

Jika Kamu tertarik ingin bisnis depot air minum, silahkan baca cara sukses memulai bisnis depot air minum isi ulang

Bagaimana dengan gas elpiji?

Meskipun keuntungannya tidak sebesar galon isi ulang, namun tidak ada salahnya Kamu menjualnya untuk tambahan penghasilan.

5. Buka Warkop Kecil-Kecilan

Peluang usaha rumahan lain yang mungkin bisa Kamu coba adalah membuka warung kopi kecil-kecilan. Apalagi jika tempat tinggal Kamu dekat dengan lingkungan kost-kostan, area kampus atau kawasan industri.

mbantu istri Kamu.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *